Rabu, 28 September 2011

Cara Merawat KuKu

Bagi wanita kuku dapat menunjang penampilan. Namun menjaga dan merawat kuku sering terlupakan. Padahal dengan kuku yang cantik tangan kita akan terlihat lebih menarik dan indah. Berikut ini adalah tips untuk merawat dan mempercantik kuku Anda.

Kebersihan Kuku
Untuk mendapatkan kuku yang cantik terlebih dulu kita harus menjaga kebersihannya,  hal ini dapat dilakukan dengan cara merendam kuku ke dalam air hangat yang di beri perasan jeruk nipis, bersihkan pelan-pelan kuku serta daerah ujung kuku yang rentan sekali terhadap kuman.

Pemotongan Kuku
Potonglah kuku secara rutin jangan biarkan kuku terlalu panjang, karena akan rentan masuknya kotoran ke dalam kuku. Memotong kuku juga jangan terlalu pendek karena akan melukai kulit di sekitar kuku, dan menyebabkan luka. Jangan membiasakan diri menggigit/memotong kuku dengan mulut, jangan gunakan kuku untuk pekerjaan keras/kasar seperti membuka kaleng dll. Gunakan  alat pemotong kuku yang tajam agar pemotongan lebih mudah dan tidak merusak bentuk kuku.

Kelembaban Kuku
Kelembaban pada kuku sangat diperlukan karena untuk menjaga agar kuku tetap kuat, indah dan sehat. Kelembaban alami kuku akan berangsur-angsur hilang bila kuku sering terkena sabun, detergen atau selalu berada di ruangan ber AC. Hal ini dapat di cegah dengan selalu memberikan pelembab pada kuku -kuku kita, hand body bisa menjadi salah satu alternatif untuk membantu melembabkan kuku.

Kekuatan Kuku
Kuku yang kuat akan menghindarkan dari yang namanya patah, untuk mendapatkan kuku yang kuat kita bisa mengunakan perawatan alami pada kuku, yaitu dengan menancap-nancapkan kuku ke bawang putih secara berulang-ulang. Bawang putih selain membuat kuku kuat juga membuat kuku manjadi putih dan mencegah kuku berwarna kusam.

Penghias Kuku
Menghias kuku dengan kuteks  atau dengan tehnik lain memang membuat penampilan kuku menjadi lebih menarik untuk di lihat, yang perlu diperhatikan adalah frekuensi untuk pewarnaannya. Sebaiknya jangan sering-sering mewarnai kuku, berilah kuku beberapa waktu untuk bebas dari pewarnaan, dan untuk membersihkan kuku dari kuteks jangan digosok-gosok, usapkan saja perlahan-lahan agar warna alami kuku tidak pudar.

Sering minum air putih sangat baik untuk menjaga kelembaban alami tubuh kita termasuk juga kelembaban pada kuku.
Perawatan kuku ini juga berlaku untuk kuku kaki kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar